Rabu, 15 Februari 2012


Apa yang terlintas dibenak anda ketika mendengar kuliner Indonesia?? Santan,pedas,manis,gurih,rempah??
Hmmhh.. Jika harus disebut satu per satu rasa sepertinya nano nano mewakili semuanya.
Tidak hanya tempat wisatanya saja, berbagai macam kulinernya-pun terbentang dari sabang sampai meraoke. Tidak heran jika banyak tempat di Indonesia yang terkenal dengan wisata kulinernya seantero dunia, sebut saja masakan padang.
Di benua mana di dunia ini yang belum memiliki warung padang yang tersohor dari Indonesia ini.
Dan masakan khas bali yang memiliki fans tersendiri baik dari benua eropa ataupun Australia, walaupun banyak dari mereka yang takut akan keanekaragaman bumbu dan rasa pedas dari Indonesia, namun tetap saja,kuliner khas Indonesia di buru dan menjadi incaran pemuas rasa lapar mereka.
Nah.. topic minggu ini kita akan bahas tentang kuliner Indonesia agar menjadi kuliner bertaraf Internasional, karena faktanya banyak juga yang mulai mencari tau tentang Indonesia yang berawal dari masakannya lho.. Kalau di Asia pastinya masakan Indonesia sangat mudah untuk di terima,karena beberapa bumbunya mirip dengan makanan di sekitar Asia, namun kalau bagi orang barat gimana ya? Berikut ini yang sudah kita rangkum tentang masakan Indonesia, check it out!!
1. Less of Spicy
Indonesia sudah cukup keren dengan resep masakannya. Tidak perlu mengubah bumbu dasar yang digunakan demi menyesuaikan lidah orang Barat, karena rasa (bumbu) Indonesia sangat terasa alami. Namun, penggunaan bumbu juga harus disesuaikan dengan cita rasa warga setempat. Seperti, Indonesian Restaurant yang berada di Eropa sebaiknya mengurangi dalam penggunaan bumbu karena orang Eropa cenderung menyukai masakan yang ringan dalam arti tidak suka masakan dengan bumbu yang berlebihan. Contoh seperti rendang. Tidak perlu menggunakan bumbu terlalu banyak dan dimasak terlalu lama. Daging yang tidak terlalu matang dan juicy cenderung disukai oleh orang Barat.
2. Standar Bahan Baku
Indonesia harus menerapkan standar bahan. Bukan hanya karena orang Barat cerewet soal makanan, tetapi pengontrolan bahan-bahan baku adalah unsur penting untuk menghasilkan masakan dengan cita rasa tinggi. Contohnya, seperti pengolahan tempe dan tahu dengan kualitas kedelai yang baik, dan peternakan sapi dengan pakan yang sehat.


3. Packaging
Pengemasan yang baik tentu akan menjadi nilai plus. Seenak apapun masakannya kalu penyajiannya buruk, tidak akan ada orang yang tertarik untuk membelinya meskipun harganya mahal. Seperti yang sering ada, masakan Indonesia sering sekali tersaji dengan daun pisang sebagai alas makanannya atau hiasan untuk makanan tersebut.

4. Love Indonesia
Masakan Indonesia dikenal oleh negara asing seperti Belanda. Bahkan, mereka lebih mengenal masakan Indonesia daripada orang Indonesianya sendiri. Tahu roti bloder? Roti bloder yang terkenal di Belanda ternyata aslinya dari Indonesia. Ini bukti bahwa kita harus mencintai negara Indonesia. Dan sepertinya, kita lebih mengenal negara lain daripada negara kita sendiri. Bagaimana kita bisa mempromosikan masakan Indonesia kalu kita sendiri tidak tahu masakan Indonesia? Tidak perlu malu menjadi orang Indonesia karena Indonesia memiliki seribu alasan untuk dibanggakan. Sedikit sumbang saran nih, alangkah baiknya jika setiap masakan Indonesia yang disajikan di setiap hotel bertaraf internasional harus disertakan asal daerah masakan tersebut, agar tidak terjadi klaim dari negara lain dan menjadi salah satu alat promosi pariwisata Indonesia.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar