Rabu, 25 Juli 2012

◇AKHLAQ SESAMA MAKHLUK◇


Assalamu'alaikum,

Akhlak sesama makhluk, ehmm kali ini saya mau memberi kabar kpada saudara semua khususnya bagi temen2 anak2 muda meskipun saya sendiri bnyak salah2 nya juga, jadi lagi2 saya cuma bisa memberikan secuil cerita sederhana, smoga bermanfaat.

Ini cerita tntang tikus, kita tau kalau tikus itu makhluk kecil walau ada juga sih yg gede sebesar kucing itu mah tikus babon.

◇Suatu hari seekor tikus kecil sedang bersembunyi dibalik semak2 tengah memandangi seorang petani pemilik rumah dan istrinya yg baru pulang belanja membawa sebungkus kantungan plastik. ''hemm makanan apalagi ya yang mereka bawa itu hehehe'' Gumam si tikus◇

Namun alangkah terkejutnya si tikus melihat sebuah Perangkap Tikus yang dikeluarkan si petani dari kantungan plastiknya.

◇Si tikus pun panik ketakutan luar biasa mengetahui ancaman bahaya yg segera akan menimpa dirinya, si tikus yg ketakutan pergi menemui si ayam, ''ADA PERANGKAP TIKUS DIRUMAH, TOLOONG'' Teriak si tikus kpada si ayam◇

Namun si ayam menjawab ''Aku turut berduka cita tikus, tapi itu bukan masalahku'' Jawab si ayam

◇Si tikus jadi sedih dan masih ketakutan pergi menemui si kambing, ''ADA PERANGKAP TIKUS DIRUMAH'' Teriak si tikus◇

Namun si kambing menjawab ''Aku turut prihatin tikus, tapi apa hubungannya denganku'' Jawab si kambing

Si tikus pun masih ketakutan pergi dan menemui si Sapi, namun si tikus mendapat jawaban yg sama. ''Malang skali nasibmu makhluk kecil, tapi itu bukan ancaman untuk badanku yang besar ini'' Jawab si Sapi

◇Si tikus makin sedih tak ada yg mengerti posisi keadaannya, dia pun pergi menemui si Ular, dan si ular menjawab ''Hahahahaha terus gue harus bilang WOW gitu? Derita Loe tikus, emang gue pikirin'' jawab si Ular ◇

Mendengar perkataan si ular, si tikus jd makin sedih, dia pun kembali ke rumah si petani dgn perasaan pasrah takut panik dan kacau.

Hingga malam hari tiba, sang petani dan istrinya terbangun karna mendengar suara keras dari perangkap tikus pertanda ada yg kena perangkap.

Sang istri pun menge-check dan ternyata seekor ular menggeliat2 karna ekornya terjepit perangkap tikus.

Karna si ular ekornya terjepit ia pun jadi ganas dan menyerang istri si petani.

Melihat itu, sang petani langsung membunuh si Ular, namun istrinya terkena racun dan dilarikan kerumah sakit.

2 hari kemudian demam sang istri blm juga sembuh, seorang tetangganya menyarankan utk memakan 'sup ceker', sipetani langsung menyembelih ayamnya utk dibuat sup ceker, kita tau sup ceker obat penurun demam.

2 hari kmudian si istri tak kunjung sembuh juga, ada yg menyarankan agar memakan 'hati kambing', si petani langsung menyembelih kambingnya utk di ambil hatinya.

3 hari kemudian si istri tak sembuh juga dan akhirnya meninggal dunia, sang petani sangat sedih, dia pun menyembelih sapinya utk memberi makan orang sekampung yg datang melayat kerumahnya.

Si tikus kecil dari jarang yg cukup jauh melihat semua itu jd sangat sedih dan menangis.

◇Nah saudaraku, pelajaran apa yg bisa kita ambil dari cerita di atas? Berfikirlah sejuta kali jika ada seseorang 'Siapapun' datang memohon meminta pertolongan kamu dan kamu berfikir kalau itu bukan masalah kamu juga dan mengabaikannya, apalagi sampai mencela yg menambah bebannya◇

Pertolongan bisa berupa apa aja, tdk mesti materi dan tenaga, sekurang kurangnya ucapkanlah kata 'maaf' agar tdk menambah bebannya.

Ilmu yg kamu pelajari 'tidak' ada harganya jika akhlak kamu tdk baik.

Buah dari amal yg terlihat adalah 'AKHLAQ'

Smoga bermanfaat, sudilah kiranya saudaraku mau membantu saya dgn cara klik tulisan biru di atas dan klik suka halamannya


trima kasih banyak



by. Luffy Achmad


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar